Powered By Blogger

Senin, 12 September 2011

Resume Konsep Sistem Informasi (KSI)

Resume Konsep Sistem Informasi (KSI)
[Pertemuan 1]

Ø Pengertian sistem informasi

Sistem
Sekumpulan komponen atau bagian yang terintegrasi dan dikoordinir untuk maksud mencapai suatu tujuan / gol

Informasi
Informasi adalah data yang mempunyai nilai (berarti) bagi penerimanya dan dapat digunakan untuk dasar pengambilan keputusan.

Jadi bila di gabungkan: sistem informasi (SI) adalah pengaturan orang, data, proses, dan teknologi informasi yang berinteraksi untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyediakan sebagai output informasi yang dibutuhkan untuk mendukung sebuah organisasi

Namun menurut seorang matematikawan Amerika Serikat, John F. Nash (1995:8) yang diterjemahkan oleh La Midjan dan Azhar Susanto, menyatakan bahwa Sistem Informasi adalah :

“Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.”

Ø Jenis Sistem
o   Sistem Terbuka (Open System): Sistem yang dihubungkan dengan lingkungannya melalui arus sumber dayamis. Sistem pemancar sinyal atau pemanas ruangan
o   Sistem Tertutup (Closed System): Sistem yang tidak dihubungkan dengan lingkungannya. mis. Sistem yang berada di laboratorium dan dijaga ketat.
Ø Sistem dan Subsistem
o   SUBSISTEM merupakan sebuah sistem yang berada di dalam sistem
 Contoh :  Sistem mobil atau automotive 
Subsistem: mesin, kelistrikan, rangka, badan mobil 
Subsistem mesin : subsistem karburator, generator, bahan bakar dll



Ø Elemen-elemen dalam sistem informasi
o   INPUT: menangkap atau mengumpulkan data mentah dari dalam organisasi atau dari lingkungan.
o   PROSES: mengkonversi input mentah ke dalam bentuk yang dapat dimengerti.
o   OUTPUT: menyampaikan informasi yang telah diproses kepada orang atau kegiatan yang akan menggunakan.

Ø Perbedaan sistem informasi dengan teknologi informasi

·         Teknologi Informasi
Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). 
·         Information System (IS) (Sistem Informasi atau Manajemen Informatika)
Sistem Informasi adalah ilmu yang mempelajari berbagai konsep teori dan strategi penerapan sistem informasi dalam organisasi, terutama dalam kaitannya dengan proses penciptaan, pengolahan, penyimpanan, pendistribusian, dan pengawasan data/informasi/knowledge di seluruh tataran dan ruang lingkup organisasi. Jurusan ini menghasilkan lulusan yang mampu menganalisi kebutuhan dan proses bisnis, serta mendesain sistem berdasarkan tujuan dari organisasi.

Ø Lima bidang pengetahuan yang penting untuk pengguna akhir untuk memahami sistem infromasi


Foundations Concept (Konsep foundation). Pengguna akhir harus terbiasa dengan dengan komponen dasar dan jenis sistem informasi yang ada. Tapi mereka juga harus akrab dengan teori sistem umum dan teori pengolahan informasi (mesin dan manusia).

Information Technologies (Teknologi Informasi). Pengguna akhir harus mengerti teknologi, lebih tepatnya, teknologi informasi perangkat keras, perangkat lunak, interaksi telekomunikasi, manajemen database, dan bagaimana semua elemen dalam suatu proses dinamis dari perubahan yang sangat cepat, pengembangan, dan cara-cara baru melakukan bisnis.

Business Application (Aplikasi Bisnis). Bagaimana sistem informasi yang diterapkan untuk masalah bisnis lebih kompleks daripada tampaknya. Pengguna akhir informasi berusaha untuk mempelajari baik tentang bagaimana menggunakan sistem informasi untuk memecahkan masalah yang ada dan untuk mulai menggunakan IS sebagai cara baru untuk mendefinisikan masalah dan kesempatan pertemuan bisnis. Pengguna akhir harus mendapatkan pemahaman dasar di bidang kebutuhan pengguna, otomatisasi kantor, pemrosesan transaksi, bidang fungsional bisnis, pelaporan manajemen, pendukung keputusan, dukungan eksekutif, keunggulan kompetitif, dan kecerdasan buatan.

Development Processes (Proses Pembangunan). Pengguna akhir dari IS perlu mengetahui konsep dasar pemecahan masalah dan pengembangan. Di sini Anda harus menjadi akrab dengan metodologi seperti pendekatan sistem, pengembangan sistem siklus hidup, dan prototyping.

Management Challenges (Tantangan Manajemen). Bagaimana manajer menggunakan sumber daya IS merupakan perhatian utama bagi pengguna akhir. Lebih dari sebelumnya, pengetahuan tentang metode manajemen diperlukan oleh masing-masing pengguna akhir, sebagai IT menuntut bahwa pengguna akhir membuat keputusan yang lebih independen yang mendukung tujuan perusahaan secara keseluruhan.

Tidak ada komentar: