Powered By Blogger

Rabu, 02 November 2011

Perilaku keorganisasian untuk SDM handal


Perilaku keorganisasian untuk SDM handal

Sumber Daya Manusia (SDM)
SDM adalah segala bentuk potensi yang dimiliki oleh manusia untuk mewujudkan tugas/perannya sebagai makhluk yang saling berintraksi (sosial), menyesuaikan diri, serta mampu mengatur diri sendiri dan seluruh potensi yang ada pada lingkungan sekitar untuk mencapai tujuan dan kesejahteraan hidup.
Perilaku keorganisasian
Perilaku keorganisasian merupakan bidang studi tentang interaksi manusia di dalam sebuah organisasi yaitu meliputi perilaku, struktur dan proses dalam organisasi.

Dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam dunia kerja, SDM sangatlah penting. Dikarenakan semua hasil/produksi yang dihasilkan pabrik merupakan tenaga dari karyawan yang bekerja. Manusia bekerja untuk perusahaan demi mendapatkan upah untuk hidup, sedangkan perusahaan membayar karyawannya untuk bisa memproduksi barang/jasa. Oleh sebab itu antara perusahaan dengan manusia memiliki hubungan yang saling membutuhkan dan menguntungkan.
Dalam perilaku keorganisasian sifatnya agak abstrak, tidak menghasilka prinsip-prinsip yang sederhana. Kadangkala sebuah prinsip yang ada tidaklah tepat, melainkan prinsip bersifat situasional yaitu ditentukan berdasarkan faktor-faktor situasi yang ada pada saat itu.
Dalam ilmu perilaku keorganisasian untuk menciptakan SDM yang kuat dan handal, diperlukan berbagai hal yaitu:

1.      Memberikan pelatihan yang akan menambah skill/kemampuan dalam bidang yang di kerjakan setiap individu.
2.      Memberikan reward berupa pujian atau sebuah bonus apabila berprestasi dalam pekerjaannya
3.      Memberi pengarahan dalam kerjanya. Hal ini akan memberi kesan bahwa ada yang peduli terhadap dia dan performa kerjanya.
4.      Memberi tahu apabila dia melakukan hal yang salah dan memberikan solusi untuk kedepannya yang lebih baik.

Tidak ada komentar: