Resume Konsep Sistem
Informasi (KSI)
[Pertemuan 1]
Ø Pengertian
sistem informasi
Sistem
Sekumpulan komponen atau bagian yang terintegrasi
dan dikoordinir untuk maksud mencapai suatu tujuan / gol
Informasi
Informasi adalah data yang mempunyai nilai (berarti)
bagi penerimanya dan dapat digunakan untuk dasar pengambilan keputusan.
Jadi bila di gabungkan: sistem
informasi (SI) adalah
pengaturan orang, data, proses, dan teknologi informasi yang berinteraksi untuk
mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyediakan sebagai output informasi
yang dibutuhkan untuk mendukung sebuah organisasi
Namun menurut seorang
matematikawan Amerika Serikat, John F. Nash (1995:8)
yang diterjemahkan oleh La Midjan dan Azhar Susanto, menyatakan bahwa Sistem
Informasi adalah :
“Sistem Informasi adalah
kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan
pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses
atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern
dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.”
Ø
Jenis Sistem
o
Sistem Terbuka (Open System): Sistem yang
dihubungkan dengan lingkungannya melalui arus sumber dayamis. Sistem pemancar sinyal
atau pemanas ruangan
o
Sistem Tertutup (Closed System): Sistem yang
tidak dihubungkan dengan lingkungannya. mis. Sistem yang berada di laboratorium dan dijaga
ketat.
Ø
Sistem dan
Subsistem
o
SUBSISTEM merupakan sebuah sistem yang berada di dalam sistem
Contoh
: Sistem mobil atau automotive
Subsistem:
mesin, kelistrikan, rangka, badan mobil
Subsistem mesin : subsistem karburator, generator,
bahan bakar dll
Ø
Elemen-elemen dalam
sistem informasi
o
INPUT: menangkap atau mengumpulkan data mentah dari
dalam organisasi atau dari lingkungan.
o
PROSES: mengkonversi input mentah ke dalam bentuk
yang dapat dimengerti.
o
OUTPUT: menyampaikan informasi yang telah diproses
kepada orang atau kegiatan yang akan menggunakan.
Ø Perbedaan sistem informasi dengan teknologi informasi
·
Teknologi Informasi
Teknologi Informasi adalah istilah umum yang
menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah,
menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan
komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video.
Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi
juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern
(misalnya ponsel).
·
Information System (IS) (Sistem Informasi atau
Manajemen Informatika)
Sistem Informasi adalah ilmu yang mempelajari
berbagai konsep teori dan strategi penerapan sistem informasi dalam organisasi,
terutama dalam kaitannya dengan proses penciptaan, pengolahan, penyimpanan,
pendistribusian, dan pengawasan data/informasi/knowledge di seluruh tataran dan
ruang lingkup organisasi. Jurusan ini menghasilkan lulusan yang mampu
menganalisi kebutuhan dan proses bisnis, serta mendesain sistem berdasarkan
tujuan dari organisasi.
Ø Lima bidang pengetahuan yang penting untuk pengguna akhir untuk memahami sistem infromasi
Foundations Concept (Konsep foundation). Pengguna akhir harus terbiasa dengan dengan komponen dasar dan jenis sistem informasi yang ada. Tapi mereka juga harus akrab dengan teori sistem umum dan teori pengolahan informasi (mesin dan manusia).
Information Technologies (Teknologi Informasi). Pengguna akhir harus mengerti teknologi, lebih tepatnya, teknologi informasi perangkat keras, perangkat lunak, interaksi telekomunikasi, manajemen database, dan bagaimana semua elemen dalam suatu proses dinamis dari perubahan yang sangat cepat, pengembangan, dan cara-cara baru melakukan bisnis.
Business Application (Aplikasi Bisnis). Bagaimana sistem informasi yang diterapkan untuk masalah bisnis lebih kompleks daripada tampaknya. Pengguna akhir informasi berusaha untuk mempelajari baik tentang bagaimana menggunakan sistem informasi untuk memecahkan masalah yang ada dan untuk mulai menggunakan IS sebagai cara baru untuk mendefinisikan masalah dan kesempatan pertemuan bisnis. Pengguna akhir harus mendapatkan pemahaman dasar di bidang kebutuhan pengguna, otomatisasi kantor, pemrosesan transaksi, bidang fungsional bisnis, pelaporan manajemen, pendukung keputusan, dukungan eksekutif, keunggulan kompetitif, dan kecerdasan buatan.
Development Processes (Proses Pembangunan). Pengguna akhir dari IS perlu mengetahui konsep dasar pemecahan masalah dan pengembangan. Di sini Anda harus menjadi akrab dengan metodologi seperti pendekatan sistem, pengembangan sistem siklus hidup, dan prototyping.
Management Challenges (Tantangan Manajemen). Bagaimana manajer menggunakan sumber daya IS merupakan perhatian utama bagi pengguna akhir. Lebih dari sebelumnya, pengetahuan tentang metode manajemen diperlukan oleh masing-masing pengguna akhir, sebagai IT menuntut bahwa pengguna akhir membuat keputusan yang lebih independen yang mendukung tujuan perusahaan secara keseluruhan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar